Propolis untuk Mengobat Penyakit dan Menjaga Kesehatan

Published on

Propolis yaitu senyawa kompleks yang terbagi dalam 55% resin, 30% lilin lebah, 10% minyak aromatik serta 5% bee pollen. Manfaat propolis untuk lebah tersebut yaitu jadi pelindung sarang dari bakteri, virus, serta jamur, dan hama yang lain supaya sarang tetaplah steril, diluar itu peranan propolis buat lebah sebagai bahan untuk menambal sarang. 

Dari banyak riset yang sudah dikerjakan oleh beberapa pakar tentang propolis, di ketahui kalau nyatanya propolis dapat pula berguna untuk manusia. Apa faedah propolis untuk manusia? Propolis nyatanya dapat dipakai jadi obat herbal untuk mengobati beragam jenis penyakit. 

Penyembuhan herbal dengan memakai obat propolis sangat dahsyat serta tanpa ada resikonya. Manfaat propolis sudah dapat dibuktikan mulai sejak zaman mesir kuno, zaman Ibnu Sina, serta peradaban tua yang lain. 

Mengapa propolis dapat jadikan jadi obat herbal? Nyatanya kandungan propolis ini sangat mengagumkan. Semuanya type unsur atau zat yang diperlukan oleh badan manusia, ada pada propolis. Semuanya type vitamin, semuanya type mineral, 16 rantai asam amino esensial, serta bioflavonoids yaitu zat yang terdapat dalam propolis. 

Propolis dapat menghimpit perkembangan bakteri, virus serta fungi (jamur), dan kekuatannya meredakan inflamasi (radang). Sebagian percobaan pada tikus memerlihatkan propolis dapat melakukan perbaikan pemulihan luka bakar, luka kecil, infeksi, peradangan, sakit gigi, serta herpes kelamin. 

Propolis mempunyai kegiatan antibakteri alami yang kuat bahkan juga lebih kuat dari obat-obatan yang ada di market. Hal semacam ini sudah dibuktikan lewat lebih dari 500 riset in vitro serta in vivo pada 20 th. paling akhir ini. 

Propolis dapat dibuktikan tidak buat bakteri serta virus resistant (kebal) hingga propolis juga akan senantiasa efisien jadi antibiotik. Propolis juga mempunyai dampak anti-oksidan serta anti inflammatory (peradangan) hingga dapat melindungi badan dari penyakit-penyakit degeneratif seperti desakan darah tinggi, stroke, serta kanker. 

Bahkan juga, propolis dapat dibuktikan dengan riil menolong liver menetralisir sebagian toksin, senyawa toksik, resikonya obat, dan jadi penetral pada perlakuan radiasi cahaya radioaktif yang mempunyai dampak negatif pada beberapa sel badan. 

Bioflavonoids dalam propolis adalah anti-oksidan yang dapat menjaga kemampuan dinding pembuluh darah hingga begitu baik untuk menghindar pecahnya pembuluh darah yang menyebabkan pada stroke. Oleh karenanya manfaat propolis betul-betul mengagumkan jadi obat penyembuh alami. 

Di bawah ini terdapat banyak hasil riset tentang apa faedah propolis untuk manusia yang sudah dikerjakan oleh beberapa pakar : 

John Diamond MD ; propolis dapat aktifkan kelenjar thymus yang berperan jadi system imunitas badan. 
Ray Kupinsel ; propolis jadi antibiotik alami yang dapat melawan beragam jenis penyakit tanpa ada resikonya. 
Profesor Arnold Becket ; propolis dapat mengobati beragam jenis penyakit yang dikarenakan oleh virus, bakteri serta jamur. 
Russia Research Tim (Tim Penelitian Rusia) ; Dalam propolis ada zat antibiotik alami serta anti viral, vitamin, asam amino, mineral yang begitu manjur untuk obat penyakit mulut, tenggorokan. 
Dr. Fang Chu (dokter di Lien Yu Kang Hospital RRT Tiongkok) ; propolis bermanfaat untuk obat penyakit kandungan lemak tinggi dalam darah serta untuk obat penyakit jantung. 
Instansi Penelitian Kanker Columbia, 1991 ; dalam propolis ada zat CAPE (Caffeic Acid Phenethyl Ester) yang berperan mematikan sel kanker. Dengan penggunaan zat CAPE dengan teratur sepanjang 6 bln. bisa mereduksi kanker sejumlah 50%.  
Majalah antibiotikVP Kivalkina ; propolis begitu efisien untuk infeksi tanpa ada batas kadaluwarsa. 
Riset paling akhir dari The National Heart and Lung Institute London ; memberikan kalau bioflavonoids pada propolis dapat menghancurkan banyak bakteri yang resisten pada anti biotik sintesis. Propolis peka pada Staphylococcus aureus (penyebabnya infeksi staph pada kulit), Streptococcus (bakteri penyebabnya radang tenggorokan), Escherichia Coli (bakteri penyebabnya masalah pencernaan serta infeksi saluran kemih), virus Influenza, Herpes, Helicobacter Pylori (bakteri penyebabnya sakit maag kritis), Salmonella typhosa (penyebabnya penyakit diare, thypus, serta penyakit pencernaan yang lain). Propolis juga peka pada jamur sebagai penyebabnya penyakit kewanitaan (keputihan), eksim. 
Grup peneliti Dezidzer Grunburgers, di Kampus Kolombia, dan Dr. Hiroshi Maruta di Kampus Tempat tinggal Sakit Eppendorf Jerman ; menyebutkan kalau propolis dapat dibuktikan ampuh menghalangi sampai hentikan perkembangan beberapa sel kanker pada masalah kanker yang umum terkena manusia. 
Dr. Wang dari National Chung-Shan Medical University di Taiwan ; Propolis efisien dalam menghimpit perkembangan virus TPA (COX-2), hingga bisa menghindar kanker mulut. 
Hasil riset Phytotherapy Research th. 2010 ; mengatakan kalau propolis efisien melawan virus penyebabnya herpes. 
Hasil riset the Journal of Alternative and Complementary Medicine th. 2002 ; mengatakan kalau propolis efisien mengobati luka bakar, luka irislah, serta type luka yang sulit pulih karena diabetes. 
Hasil riset Pharmological Research th. 2005 ; mengatakan kalau propolis begitu ampuh untuk menolong mengobati penyakit diabetes. 
Dr. dr. Eko Budi Koendhori, M. Kes, FK UNAIR ; Propolis dapat menghimpit rusaknya jaringan paru pada mencit yang diinfeksi mycrobacterium tuberculosis – bakteri penyebabnya TBC. 
Prof. Dr. Mustofa, M. Kes, FK UGM ; Propolis mempunya dampak sitotoksis pada sel kanker serta invitro propolis berperan jadi anti kanker, sel hela serta siha keduanya sel kanker serviks dan T47D serta MCF7 (sel kanker payudara) dapat dihambat dengan propolis. 
dr. Jessie Pamudji (Sekolah Farmasi ITB Bandung) ; Propolis memiliki kandungan senyawa yang berbentuk anti mikroba yakni flavon pinocembrin, flavonol galangin serta asam kafeat yang berperan jadi anti bakteri. 
dr. Hafuan Lutfi, MBA, FK Kampus Sriwijaya ; Propolis dapat bekerja di dalam serta di luar badan, melakukan perbaikan peranan kelenjar pankreas dalam menghasilkan insulin hingga turunkan kandungan glukosa darah hingga begitu efisien untuk pengobatan Diabetes Militus.

To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post